EXPRESSION

3 DIMENSI

Friday, April 01, 2005

Grup Terapi


Dah sebulan ini gue ikut grup terapi, salah satu program yang dikeluarkan oleh Divisi Training.. *divisi gue nihh*. Kalo dengar kata terapi, biasanya orang langsung berkonotasi negatif. Paling negatifnya langsung ke sakit jiwa hueheheee...

Awalnya gue juga mikir, gue ga sakit, ga ada masalah kog tiba2 diikutkan dalam grup terapi. Tapi berhubung ini program percobaan, yah divisi training harus jadi grup pertama, maksudnya supaya bisa ngasi bukti kalo program ini layak untuk diterapkan di seluruh perusahaan.

Grup terapi ini dilakukan sekali seminggu, totalnya 10 kali... wadaooo mikir 10 kali ini aja dah bikin stress... 2 bulan 2 minggu boooo...
Dan stressnya lagi, waktu pertemuan pertama dijelasin kalo dalam grup terapi ini dibutuhkan ketebukaan, kepercayaan dan kerahasiaan. Tiap orang akan menceritakan tentang dirinya, mendengar pendapat orang lain tentang diri kita (plus-minus). Denger ini tentu saja dah bikin keder... kira2 sanggup ga yah menerima kritikan orang lain, apalagi dari orang yang selama ini bekerja sama dalam satu divisi, satu ruangan pula.... Trus bisa ga yah terbuka dan menceritakan persoalan ataupun uneg2 yang dirasakan, baik itu masa lalu, tentang keluarga dan masalah pribadi lainnya... Kira2 orang lain bisa ga ya dipercaya untuk tidak menceritakan ke orang lain, apalagi sekantor nih.... bisa2 jadi rahasia umum, malunya bukan main.

Di pertemuan pertama, bos gue jadi volunteer. Waduh habis deh dikupas ama semua peserta. Ga tau kenapa kog pada semangat aja kalo komentarin yang jelek2... Apalagi dari Konselornya banyak pertanyaan yang nyecer, sampai kadang harus mikir ngomongnya. Setidak-tidaknya punya etika juga lah kalo mo "ngatain" orang, padahal dalam terapi diharuskan ngomong apa adanya. Dari situ bisa dicarikan solusi, dicari tau penyebabnya, kenapa bisa begitu, kenapa bisa begini, pokoknya dicari akar permasalahannya. Dibahas juga kenapa orang bisa bersifat seperti ini, bertingkah seperti itu, dsbnya.
Gue merasakan manfaatnya, karena ada teman gue yang tiba gilirannya dikomentarin baru ketahuan kalau kondisinya waktu kecil sangat mempengaruhi sifatnya sekarang ini. Dan ini juga jadi masukan buat yang lain, bagaimana harus bersikap, bagaimana harus mengerti dan bagaimana bisa membantu supaya lebih baik lagi.
Dan minggu ini, gue dapat giliran dikomentari. Deg-degan juga, kira2 orang mau ngomong apa... Dan bener2 harus siap mendengar kritik maupun masukan dari orang lain. Tiap gue dikomentarin, gue ditanya ama konselornya, gimana Mer, apa bener begitu... Huhuhuuuu gue ampe serak waktu memberikan jawaban maupun tanggapan. Dengan memberikan respon, secara ga sadar kadang hal2 yang selama ini dipendam tiba2 keluar begitu aja. Dan kemarin gue bikin pengakuan kalo gue ga senang ama pekerjaan gue. Deg.... gue kaget, bos gue juga kaget. So mo gimana lagi... dah terucapkan. Di satu sisi gue merasa lega, di satu sisi gue juga mikir, kalo bos gue dah tau trus nantinya mo gimana.... huaaaaaaa gue juga harus mikir nih what I want......
Btw, banyak hal positif yang gue dapat..... moga2 gue bisa jadi orang yang lebih baik, bisa mengerti dan memahami orang, bisa membantu dan lebih perhatian.... soalnya gue dicap cuek nih... hehehee...
Dan yang terpenting, gue bisa introspeksi diri dan belajar bagaimana menyikapi penilaian orang lain, dan memperbaiki hal2 yang negatif dari diri gue, karena menilai diri sendiri cukup sulit dan tentu saja selalu merasa bener. Ya gaaa?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

 

Powered by Blogger